MAKALAH
![]() |
|||
![]() |
|||
OLEH :
Nurazizah
KELAS XI IPS
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
MADRASAH ALIYAH NAHDATUL WATHAN PRINGGA JURANG
TAHUN AJARAN 2013 /
2014
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah Swt yang telah
menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa
pertolongan Dia mungkin kami tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. Makalah
ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang “Sejarah Perkembangan
Komputer dan Internet ”, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai
sumber. Makalah ini kami susun dengan berbagai rintangan. Namun dengan penuh
kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah Swt akhirnya makalah ini dapat
terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang
“Pengenalan Teknologi Informasi” yang menjelaskan tentang “Sejarah Perkembangan
Komputer Dan Sejarah Perkembangan Internet”.
Saya juga mengucapkan banyak terima
kasih kepada guru TIK yang telah membimbing saya agar dapat menyelesaikan
makalah ini.
Semoga makalah ini dapat memberikan
wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan
dan kekurangan. Saya mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
PEMBAHASAN
Teknologi informasi dan komputer
pada awal abad ke-21 ini telah menunjukkan perkembangan yang signifikan.
Teknologi ini pada prinsipnya adalah untuk melayani kebutuhan informasi secara
tepat waktu (fast), tepat guna (accurate), dan tepat sasaran (relevant).
Informasi memenuhi kebutuhan tepat waktu jika dapat tersedia pada saat
dibutuhkan, sehingga memerlukan kecepatan proses. Kebutuhan tepat guna akan
terpenuhi jika informasi yang dihasilkan benar sehingga mendukung pengambilan
keputusan yang benar. Sementara penggunaan informasi tersebut baru dapat
dirasakan manfaatnya jika diberikan kepada orang yang tepat dan benar-benar
memerlukannya, sehingga informasi juga harus relevan terhadap penggunanya.
Perkembangan teknologi komputer tidak hanya mencakup teknologi yang digunakan, tetapi juga merambah sampai ke metoda pengembangan sistem informasi dan konsep-konsep yang merupakan bagian infrastruktur dari suatu sistem dan teknologi informasi. Perkembangan teknologi komputer sampai saat ini telah melalui tiga gelombang perubahan (Alcaniz & Rey, 2005):
Perkembangan teknologi komputer tidak hanya mencakup teknologi yang digunakan, tetapi juga merambah sampai ke metoda pengembangan sistem informasi dan konsep-konsep yang merupakan bagian infrastruktur dari suatu sistem dan teknologi informasi. Perkembangan teknologi komputer sampai saat ini telah melalui tiga gelombang perubahan (Alcaniz & Rey, 2005):
- Gelombang Pertama
Gelombang pertama ini dikenal
sebagai gelombang one computer, many people atau satu komputer, banyak pemakai.
Era ini ditandai dengan digunakannya teknologi Mainframe yang mulai berkembang
pada awal tahun 40-an. Teknologi ini mencapai puncak kepopuleran pada tahun
70-an sampai awal 80-an. Namun, seiring perkembangan teknologi komputer, pada
pertengahan 80-an, Mainframe sudah mulai ditinggalkan karena tergeser oleh
teknologi mini computer dan personal computer (PC).
- Gelombang Kedua
Era ini adalah suatu era di mana
komputer sudah mulai memasyarakat. Salah satu gejala mulai memasyarakatnya
komputer adalah mulai banyaknya sekolah-sekolah tinggi dan akademi komputer
yang didirikan di seluruh Indonesia. Era ini dikenal dengan era one computer,
one people atau satu komputer, satu pemakai yang mulai berkembang pada awal
70-an dan mencapai puncaknya pada awal 90-an sampai awal tahun 2000.
- Gelombang Ketiga
Setelah dua dekade sejak PC mulai
berkembang, teknologi komputer mulai beralih ke ubiquitous computing, di mana
komputer dapat digunakan di berbagai tempat oleh siapapun yang ingin
menggunakannya. Era ini dikenal juga dengan era one person, many computer atau
satu pemakai, banyak komputer; suatu era di mana seorang pemakai dapat
menggunakan banyak komputer untuk keperluan yang berbeda. Perubahan yang
terjadi pada era ini sangat signifikan. Dalam tempo singkat, hanya dalam jangka
10 tahun, teknologi ini sudah melebihi kepopuleran PC dalam penjualan
perangkatnya per tahun.
DEFINISI KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai
untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer
semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian
dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir
eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai
untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat
seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya,
sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang
cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah
informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama
bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata
"komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut
disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah
dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of
Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai
kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan
sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut
menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang
pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
PENEMU PERTAMA KOMPUTER
Charles Babbage yang lahir 26
Desember 1792 adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali
mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin
yang dikembangkannya kini dapat dilihat di Musium Sains London. Tahun 1991,
dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial
dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan
bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat diimplementasikan. Charles
Babbage meninggal 18 Oktober 1871 pada umur 79 tahun, meninggalkan anak ;
Benjamin Herschel Babbage (1815), Charles Whitmore Babbage (1817), Georgiana
Whitmore Babbage (1818), Edward Stewart Babbage (1819), Francis Moore Babbage
(1821), Dugald Bromheald Babbage (1823), Henry Prevost Babbage (1824),
Alexander Forbes Babbage (1827), Timothy grant Babbage (1829).
Pada masa itu, perhitungan dengan
menggunakan tabel matematika sering mengalami kesalahan. Babbage ingin
mengembangkan cara melakukan perhitungan secara mekanik, sehingga dapat
mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia. Saat itu,
Babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh
Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz. Gagasan awal
tentang mesin Babbage ditulis dalam bentuk surat yang ditulisnya kepada
Masyarakat Astronomi Kerajaan berjudul "Note on the application of
machinery to the computation of astronomical and mathematical tables"
("catatan mengenai penerapan mesin bagi penghitungan tabel astronomis dan
matematis") tertanggal 14 Juni 1822.
Sejarah
Komputer diawali ketika Penemu Inggris Charles Babbage menyelesaikan
prinsip-prinsip pemakaian umum komputer digital seabad penuh sebelum
perkembangan besar-besaran mesin hitung elektronik terjadi. Mesin yang dirancangnya, yang
diberinya nama "mesin analitis" pada pokoknya mampu melaksanakan apa
saja yang bisa dilakukan kalkulator modern (meski tidak sama cepatnya, karena
"mesin analis" bukanlah dirancang untuk bertenaga listrik). Sayangnya,
berhubung teknologi abad ke-19 belumlah cukup maju, Babbage tidak sanggup
merampungkan konstruksi "mesin analis" itu, selain memang tidak bisa
tidak memerlukan waktu dan biaya besar. Sesudah matinya, gagasannya yang begitu
cemerlang nyaris dilupakan orang.
Tahun 1937, tulisan Babbage menjadi
perhatian Howard H. Aiken, sarjana tamatan Harvard. Aiken yang juga sedang
mencoba menyelesaikan rancangan mesin komputer, tergerak oleh gagasan Babbage.
Bekerjasama dengan IBM, Aiken sanggup membuat Mark I, komputer pertama untuk
segala keperluan. Dua tahun sesudah Mark I dioperasikan (1946), kelompok
insinyur dan penemu lain menyelesaikan ENIAC, mesin hitung elektronik pertama.
Sejak itu, kemajuan teknologi komputer berkembang pesat.
Mesin hitung punya pengaruh begitu
besar di dunia, malahan akan menjadi lebih penting lagi di masa depan,
sumbangan pikiran Babbage terhadap perkembangan komputer tidaklah lebih besar
ketimbang Aiken atau ketimbang John Mauchly dan J.O. Eckert (tokoh utama dalam
perancangan ENIAC). Atas dasar itu paling sedikit ada tiga pendahulu Babbage
(Blaise Pascal, Gottfried Leibniz dan Joseph Marie Jacquard) sudah membuat
sumbangan setara dengan Babbage. Pascal, seorang matematikus, filosof dan
ilmuwan Perancis menemukan mesin penjumlahan mekanis tahun 1642.
Di tahun 1671 Gottfired Wilhelm Von
Leibniz, seorang filosof dan matematikus merancang mesin yang dapat menjumlah,
mengurangi, mengalikan dan membagi. Leibniz juga orang pertama yang menunjukkan
arti penting "sistem binary," yaitu sistem penjumlahan dengan dua
"digit" yang dalam jaman modern ini secara luas digunakan dalam mesin
komputer. Dan orang Perancis lainnya, Jacquard, yang di awal abad ke-19 sudah
menggunakan sistem pengisian komputer untuk mengawasi alat tenun. Alat tenun
Jacquard yang laku deras secara komersial, punya pengaruh besar terhadap
pemikiran Babbage. Boleh jadi mempengaruhi juga Herman Hollerith, seorang
Amerika yang di penghujung abad 19 menggunakan sistem pengisian komputer untuk
membuat kolom data di Biro Sensus.
GENERASI KOMPUTER
1.
Komputer Generasi Pertama (1)
Dengan terjadinya Perang Dunia
Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan
komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal
ini tentu saja meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat
kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman
membangun sebuah Komputer Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan peluru
kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan
lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Pada Tahun 1943, pihak Inggris
menyelesaikan komputer pemecah kode Rahasia yang dinamakan Colossus yang
berfungsi untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan
Colossus ini tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer
dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna
general-purpose computer), ia hanya didisain untuk memecahkan kode
rahasia.Kedua,keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade
setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak
Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken
(1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja sama dengan IBM, berhasil
memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy.Kalkulator tersebut berukuran
panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500
mil.The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator,atau Mark
I,merupakan komputer relai elektronik.Ia menggunakan sinyal elektromagnetik
untuk menggerakkan komponen mekanik.Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia
membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan
kalkulasi tidak dapat diubah).Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan
Aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa
ini adalah Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC), yang dibuat
oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of
Pennsylvania.Terdiri dari 18.000 tabung vakum,70.000 resistor,dan 5 juta titik
solder,Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi
daya sebesar 160kW.Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995)
dan John W. Mauchly (1907-1980),ENIAC merupakan komputer serbaguna (general
purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Pada
pertengahan tahun 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan Tim
University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang
hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.
Von Neumann mendesain Electronic
Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah
memori untuk menampung baik program ataupun data.Teknik ini memungkinkan
komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya
kembali.Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral
(CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui
satu sumber tunggal.Pada Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)
yang dibuat oleh Remington Rand,menjadi komputer komersial pertama yang
memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika
Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC.Salah satu hasil mengesankan yang
dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight
D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama
dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik
untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang
berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini
menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri
lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer
pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk
penyimpanan data.
2. Komputer Generasi Kedua (2)
Pada tahun 1948,penemuan transistor
sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum
yang ada pada televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin
elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai
sejak tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik
membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih
dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin
pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat
superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer
ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah
besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah
dipasang dan digunakan: satu di Lawrence RadiationLabs di Livermore, California,
dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer
generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa
Assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan
kode biner.
Pada awal tahun 1960-an,mulai
bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di
Universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki
komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan Komputer pada saat ini:
printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah
satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara
luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar
menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam
komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas
kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang
pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak
faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau
menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada
saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan
Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan
kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang
lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk
memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan
(programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga
mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
3.
Komputer Generasi Ketiga (3)
Walaupun transistor dalam banyak hal
mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang
dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz
rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument,
mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil
yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih
banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut
semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang
memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan
mengkoordinasi memori komputer.
4.
Komputer Generasi Keempat (4)
Setelah IC, tujuan pengembangan
menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen
elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam
sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat
ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI)
meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang
sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping
uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga
meningkatkan daya kerja, efisiensi dan juga kehandalan komputer. Chip Intel
4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan
seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali
input/output) dalam sebuah chip yangsangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk
mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor
dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang
diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti
microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi
dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian
memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak
lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada
pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka
ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual
dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti
lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan
spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian
konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. Pada
tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk
penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak
dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh
tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju
ukuran yang lebih kecil,dari komputer yang berada di atas meja (desktop
computer) mejadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau
bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple
Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal
karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih
menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan
penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori,piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung, yang disebut juga Local Area Network (LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori,piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung, yang disebut juga Local Area Network (LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
5.
Komputer Generasi Kelima (5)
Mendefinisikan komputer generasi
kelima (ke-V) menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda.Contoh
imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel
karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh
fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.Dengan kecerdasan
buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk
melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar
dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000
masih jauh dari kenyataan,banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud.
Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar
manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas
ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari
yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat
bergantung pada konteks dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan
kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah Teknologi Superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah Teknologi Superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
6.
Komputer Generasi Ke Enam ( Masa
Depan Ke-6)
Dengan Teknologi Komputer yang ada
saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan
teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari
sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang
disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sintetis. Robot yang
dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi
yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta
input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli
sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak
memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa
program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi
komputer yang akan datang.
7.
Kemungkinan Komputer Masa Depan
Secara prinsip ciri-ciri komputer
masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan
diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat
kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan
yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan
untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung
dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil.Yang jelas komputer masa depan akan
lebih menakjubkan.
VENDOR (PERUSAHAAN) PEMBUAT PERANGKAT / PERAKIT
1. Acer merupakan sebuah merek lima
besar komputer pribadi dunia. Produk Acer antara lain adalah desktop, notebook,
server, penyimpanan data, layar, peripheral, dan solusi e-bisnis untuk bisnis,
pemerintah, pendidikan dan pengguna pribadi. Pertama kali didirikan dengan nama
Multitech yang didirikan pada 1976, yang kemudian dinamakan Acer pada 1987.
Grup pan Acer mempekerjakan 39.000 orang di lebih dari 100 negara.
Pendapatannya pada 2002 adalah US$12,9 milyar. Kantor pusatnya terletak di Kota
Sijhih, Taipei Country, Taiwan. Pasaran Acer di Amerika Utara telah merosot
dalam beberapa tahun terakhir sementara pasar Eropanya terus meningkat.
Kesuksesannya di Eropa sebagian karena pensponsoran dari Tim Formula 1 Ferrari
dan bekas tim F1, Prost Grand Prix.
2. MSX adalah nama sebuah komputer
rumah standar pada tahun 1980an. MSX diciptakan oleh mantan eksekutif
Microsoft, sekarang ASCII Corporation, Kazuhiko Nishi yang ingin membuat sebuah
standar yang bisa diikuti perusahaan manapun yang ingin membangun komputer yang
kompatibel. Terinspirasi kesuksesan VHS yang menjadi standar untuk perekam
kaset video, banyak pabrik elektronik Jepang bersama-sama dengan Goldstar,
Philips dan Spectravideo membangun dan mempromosikan komputer-komputer MSX.
Setiap perangkat keras atau lunak dengan logo MSX dapat berjalan baik dengan
produk-produk MSX dari perakit lain. Bentuk perluasan cartridge dan fungsi
menjadi bagian dari standar; perluasan atau cartidge permainan MSX manapun akan
bekerja pada seluruh komputer MSX.
3. Corel adalah perusahaan pembuat
perangkat lunak komputer. Produk Corel yang paling dikenal dan banyak digunakan
oleh masyarakat Indonesia adalah Corel Draw, sebuah perangkat lunak yang dibuat
untuk gambar vektor atau pembuatan vektor. Corel menyediakan paket dalam
penjualan perangkat lunaknya, yaitu Corel Graphic Suite, yang didalamnya
terdiri dari Corel Draw, Corel R.A.V.E, Corel PhotoPaint, Corel Trace, Corel
Capture, Corel update, Font Navigator, dan SB profiler. Perusahan Corel
didirikan tahun 1985 dan memiliki markas di Ottawa, Kanada.Berdasarkan data,
pengguna produk Corel telah mencapai lebih dari 40 juta dan produk Corel telah
dijual di lebih dari 75 negara. Perusahaan yang menjadi saingan Corel adalah
Adobe.
4. XploRe adalah program komputer
statistika yang dikembangkan oleh perusahaan MD*Tech dari Jerman dengan
menggunakan bahasa C. XploRe versi 4.8 dapat diunduh secara gratis dari Situs
webnya.
Sebuah program Xplore yang sering disebut sebagai Quantlets terdapat beberapa fungsi baik yang satu dimensi maupun yang multi dimensi. Kegunaan dari masing-masing fungsi adalah untuk memproses data dalam model statistika nonparametik dan semiparametrik dari aplikasi finansial yang dimaksud, termasuk:
Sebuah program Xplore yang sering disebut sebagai Quantlets terdapat beberapa fungsi baik yang satu dimensi maupun yang multi dimensi. Kegunaan dari masing-masing fungsi adalah untuk memproses data dalam model statistika nonparametik dan semiparametrik dari aplikasi finansial yang dimaksud, termasuk:
·
kernel estimasi dan regresi
·
model indeks tunggal
·
model linear umum (Generalized Linear and Additive
Models, GLM and GAM)
·
risiko nilai (Value at risk, VaR).
Melalui Quantlet Xplore ini,
pengguna yang berada di sisi klien dapat menjalankan aplet java pada penjelajah
web yang dipakai. Aplet ini kemudian dikirim ke server melalui protokol
komunikasi TCP/IP. Ide ini juga banyak dipakai dalam pemakaian buku elektronik
yang interaktif.
5. Compaq Computer Corporation dulunya
merupakan perusahaan komputer pribadi Amerika Serikat yang didirikan tahun
1982, dan sekarang merupakan salah satu merek dari perusahaan Hewlett-Packard.
Perusahaan ini didirikan oleh Rod Canion, Jim Harris dan Bill Murto — mantan
manajer senior Texas Instruments. Nama "COMPAQ" merupakan singkatan
dari "Compatibility and Quality" (kompatibilitas dan mutu), dan pada
waktu pendirian, Compaq memproduksi sejumlah komputer kompatibel IBM PC.
Pernah menjadi pemasok sistem komputer pribadi terbesar di dunia. Compaq menjadi perusahaan independen hingga tahun 2002, dimana bergabung dengan Hewlett-Packard.
Pernah menjadi pemasok sistem komputer pribadi terbesar di dunia. Compaq menjadi perusahaan independen hingga tahun 2002, dimana bergabung dengan Hewlett-Packard.
TEKNOLOGI PERANGKAT KERAS KOMPUTER
PENGERTIAN DAN FUNGSI MOTHERBOARD
Fungsi Motherboard
Pusat pengendali yang mengatur kerja
dari semua komponen yang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik
pada setiap komponen PC. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard,
mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data
(keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.
Perkembangan Motherboard
Perkembangan Motherboard
Pada akhir tahun 1980-an dan selama
dekade 1990-an, pasar prosesor untuk PC didominasi oleh Intel. Ada beberapa
perusahaan prosesor untuk PC, tetapi pengaruh mereka kalah jauh dibanding
Intel. Lagi pula rata-rata prosesor buatan mereka masih mengambil desain x86
buatan Intel juga.
Mulai akhir tahun 90-an dan awal
tahun 2000, kondisi tersebut berubah. Pasar prosesor tidak lagi terlalu tergantung pada Intel,
karena pesaing mereka, AMD, mengeluarkan prosesor K6-2 dan Athlon yang ternyata
mampu bersaing dengan prosesor buatan Intel.
Dan di tahun itu pula sebuah
industri penghasil chipset asal Taiwan, VIA Technologies, juga telah mampu
membuat chipset yang berkualitas dan berharga murah. Para produsen motherboard
tidak lagi tergantung pada Intel untuk merancang dan membuat motherboard
mereka, sehingga perkembangan teknologi dan desain motherboard mengalami
peningkatan yang sangat pesat.
Selain itu, demam overclocking juga
turut menyumbangkan peranan dalam perkembangan dunia motherboard. Para produsen
motherboard berlomba-lomba mengeluarkan motherboard yang dirancang mampu
memberikan tingkat overclock yang tinggi, tapi tetap mampu menjaga kestabilan
sistem. Pokoknya, kalau ada motherboard yang tidak bisa digunakan untuk
meng-overclock prosesor dan memori, maka hampir dapat dipastikan motherboard
tersebut kurang laku di pasaran.
Berikut ini daftar produsen Motherboard :
Berikut ini daftar produsen Motherboard :
ASUS
ABIT
ECS
GIGABYTE
MSI
Istilah-Istilah Pada Motherboard
ABIT
ECS
GIGABYTE
MSI
Istilah-Istilah Pada Motherboard
1. BIOS
Singkatan dari Basic Input/Output
System. Merupakan kumpulan informasi motherboard dan juga merupakan software
berisi perintah-perintah dasar. Fungsi utamanya adalah sebagai sarana
komunikasi antara sistem operasi dengan hardware yang terpasang pada
motherboard.
2. Bus
Istilah yang menyatakan sistem
aliran data yang digunakan hardware yang terpasang pada motherboard untuk
berkomunikasi dengan prosesor. Satuan yang digunakan biasanya adalah frekuensi
(Hertz) atau lebar bit data.
3. Clock Speed
Istilah ini digunakan untuk
menyatakan kecepatan dari sebuah prosesor atau komponen lainnya. Angka clock
speed didapat dari perkalian multiplier terhadap FSB. Semakin tinggi clock speed,
maka semakin tinggi kinerja yang dihasilkan oleh prosesor atau komponen
hardware tersebut. Satuan yang digunakan biasanya adalah megahertz (MHz) atau
gigahertz (GHz). Biasanya disebut juga sebagai kecepatan eksternal dari sebuah
prosesor.
4. FSB
Singkatan dari Front Side Bus, yaitu
bus utama yang menghubungkan antara prosesor dengan chipset motherboard. Satuan
yang digunakan adalah megahertz (MHz).
5. Heatsink
Komponen yang diletakkan di atas
prosesor. Fungsinya adalah menyerap panas yang dihasilkan saat prosesor
bekerja. Biasanya sebuah heatsink dilengkapi sebuah kipas untuk menjaga agar
suhu prosesor tetap stabil.
6. Overclocking
Suatu teknik yang dilakukan untuk
meningkatkan kinerja prosesor, memori, atau kartu grafis, dengan cara
meningkatkan FSB atau clock speed komponen tersebut. Teknik ini memerlukan
sebuah system pendingin khusus pada komponen, karena menghasilkan panas
berlebih, di mana panas berlebih ini dapat merusak sistem. PC
KOMPONEN
MOTHERBOARD
Chipset
Komponen pada motherboard yang yang
satu ini kebanyakan terdiri atas dua buah chip, north bridge dan south bridge. Fungsi
utama chipset adalah mengatur aliran data antarkomponen yang terpasang pada
motherboard. Dua buah chipset yang biasanya ada pada motherboard sendiri punya
tugas yang berbeda satu dengan yang lain.
Chip pada north bridge berfungsi
untuk mengatur aliran data dari dan ke prosesor, bus AGP, dan memori utama
sistem. Sementara, chip yang south bridge mengatur aliran data dari peranti
input output, bus PCI, interface harddisk, dan floppy, serta peranti eksternal
lainnya. Berhubung chip north bridge lebih vital kerjanya dibanding south
bridge, tak heran jika chip inilah yang dipasangi heatsink, fan, ataupun
kombinasi heatsink dan fan oleh pabrik pembuatnya.
AGP
Singkatan dari Accelerated Graphics
Port. Fungsinya adalah menyalurkan data dari kartu grafis ke CPU tanpa harus
melalui memori utama, dengan demikian proses pengolahan data grafis dapat
dipercepat. Kelebihan lain AGP ini adalah kemampuannya untuk mengeksekusi
texture maps secara langsung dari memori utama. Datang dengan berbagai cita
rasa, saat ini kebanyakan motherboard menyertakan bus AGP 4X yang bekerja pada
frekuensi 266MHz. Untuk sekarang ini, port AGP ini baru digunakan buat memasang
kartu grafis yang notabene lebih cepat ketimbang memakai bus PCI. Akan tetapi,
beberapa motherboard terbaru sudah menyertakan port AGP Pro yang bisa dipasangi
baik kartu grafis berbasis AGP 4X maupun yang berbasis AGP Pro sendiri.
Soket MemoriSoket ini merupakan
tempat untuk menempatkan memori pada motherboard. Soket memori memiliki bentuk
yang berbeda untuk jenis memori yang berbeda pula. Kebanyakan motherboard
memiliki slot sebanyak 3 atau 4 buah, tergantung dari chipset yang digunakan.
Untuk memori SDRAM, soket DIMM yang harus dimiliki adalah soket 168 pin,
sementara untuk memori jenis DDR, soket yang dipasang adalah soket 184 pin.
Soket Prosesor
Merupakan tempat untuk menaruh
prosesor. Kalau jaman dahulu, masih ada pilihan lain selain sistem soket yaitu
sistem slot. Namun, setelah era PentiumIII generasi kedua, tipe slot ini
kemudian ditinggalkan lantaran ongkos produksinya yang lebih mahal ketimbang
memakai soket. Untuk urusan soket prosesor ini, pilihlah motherboard dengan
soket prosesor yang tepat. Soket 370 untuk prosesor Intel PentiumIII dan
Celeron, soket A untuk prosesor AMD Athlon dan Duron, serta soket 423/478 untuk
prosesor Pentium4.
CMOS
Singkatan dari Complementary Metal
Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen
berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan
dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang mendayainya masih
bagus. Port Peranti Eksternal (serial, paralel, audio, USB)
Biasanya berada di posisi belakang
motherboard. Fungsinya adalah sebagai sarana untuk memberi masukan (input) dan
keluaran (output) pada sistem komputer. Motherboard generasi sekarang ini sudah menyertakan pula port
USB buat “berhubungan” dengan peripheral lain seperti printer, scanner, kamera
digital, dan periferal lain yang berbasis USB. Selain port USB, terkadang pada
beberapa motherboard disertakan pula port Ethernet untuk masuk ke dalam
jaringan komputer. Tipe yang semacam ini memang tidak terlalu banyak, namun
amat membantu terutama untuk digunakan pada perkantoran kecil atau warnet yang
punya anggaran minim.
Soket Catu Daya (power supply, fan)
Soket Catu Daya (power supply, fan)
Fungsinya untuk menyuplai tenaga
kepada semua komponen yang tersambung pada motherboard. Konektor
CasingBerfungsi untuk menyambungkan tombol/ saklar dan indicator pada casing ke
motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah
port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.
Konektor IDE & Floppy
Pasti sudah pada tahu apa fungsinya,
yaitu merupakan interface yang menyambungkan harddisk dan floppy disk ke
motherboard. Saat ini interface harddisk pada motherboard yang banyak digunakan
adalah IDE Ultra ATA/100 yang mampu memberikan kecepatan transfer data hingga
100 MB/detik. Maxtor tengah mengembangkan interface baru yaitu Ultra ATA/ 133.
Namun sampai edisi ulang tahun ini kelar ditulis, belum ada informasi terbaru
bahwa interface ini mendapatkan respon yang bagus dari vendor lain. Yang tak
kalah penting dalam menentukan motherboard adalah mengenali ukurannya.
Ada beberapa jenis ukuran
motherboard, mulai dari AT, micro ATX dan ATX. Ukuran-ukuran ini dinamakan form
factor. Pada umumnya, motherboard-motherboard sekarang sudah menggunakan
teknologi ATX.
Motherboard
Motherboard kelas
standar ada yang bertipe micro ATX, sedangkan motherboard mid end atau high end
kebanyakan menggunakan form factor ATX. Meskipun form factor-nya berbeda, setiap jeroan motherboard
memiliki standardisasi yang sama, sehingga ukuran ini hanya berpengaruh pada
pilihan casing yang akan digunakan.
A. Sejarah Internet dan Perkembangan Internet
Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun
1960. Apa sebenarnya jaringan komputer itu? Jaringan komputer adalah beberapa
komputer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi,
misalnya dalam satu kantor atau gedung. Jaringan komputer ini berfungsi agar
pengguna komputer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer
lainnya.
Pada awal
diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika
untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang
maka komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan
menukar informasi melalui jaringan komputer.
Setelah
angkatan bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu
mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer. Salah satunya adalah Univercity of
California at Los Angeles (UCLA). Akhirnya tahun
1970 internet banyak digunakan di unversitas-universitas di Amerika dan
berkembang pesat sampai saat ini. Agar para pengguna komputer dengan merek dan
tipe berlainan dapat saling berhubungan, maka para ahli membuat sebuah protokol
(semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet. Namanya TCP (Transmission
Control Protocol, bahasa Indonesianya Protokol Pengendali Transmisi) dan IP (Internet
Protocol).
Perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya
aplikasi web adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan
dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis
yang sangat berpengaruh. Dalam kaitan dengan aplikasi Web 2.0 ini, terdapat
beberapa peristiwa penting dalam sejarah internet.
1.
Sejarah dari
adanya intenet dimulai berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research
Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan
komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan
militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika
Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).
a.
Perkembangan
besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching
pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah
dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai
alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah
ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara
bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang
memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi
jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching
digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit
switching yang digunakan pada sambungan telepon publik. Pada tahun 1969 ketika
itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects
Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara
menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program
riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer
yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling
berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. ARPANET kemudian merancang sebuah
jaringan dengan kehandalan teknologi informasi yang dapat memindahkan data
dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat, dan ditetapkan sebagai sebuah
standar pembangunan protokol baru yang saat ini dikenal TCP/IP (Transmission
Control Protocol/Internet Protocol) dan disinilah awal dari segala sejarah
internet yang dikenal luas sampai saat ini. Tujuan awal dibangunnya proyek itu
adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika
Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang
tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi
masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi
terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Pada mulanya
ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute,
University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka
membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET
diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini
berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut
ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh
sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan
militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan
non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya
dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi
Internet. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang
ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah
sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga
diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun
1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer
University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar
Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang
ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan
yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini
dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
b.
Perkembangan
besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan
lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang
yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol
adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini
dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol
yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di
berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan
sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol
internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet. Hari bersejarah
berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil
mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.
Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET
membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan
Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun
1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi
pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video
link. Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka
dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun
1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau
IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer
tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di
negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan
jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan
komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang
kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung
dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah
komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000
lebih. Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola
oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung
dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum
yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan
IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling
berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari
100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang
paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser
yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang
membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun
1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta
komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun
1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk
pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia
langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus
kelahiran Netscape Navigator 1.0.
c.
Perkembangan
besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun
1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten
yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling
berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan
materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna
internet meroket.
2.
Daftar Kejadian
Penting Dalam Perkembangan Internet :
Ø
1957
Uni Sovyet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
Uni Sovyet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
Ø
1958
Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency(ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.
Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency(ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.
Ø 1962
J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.
Awal 1960-an Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata. Pertengahan 1960-an ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan "Cooperative Networking of Time-sharing Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakniStanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, danUniversity of Utah.
J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.
Awal 1960-an Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata. Pertengahan 1960-an ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan "Cooperative Networking of Time-sharing Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakniStanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, danUniversity of Utah.
Ø
1965
Istilah "Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.
Istilah "Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.
Ø
1968
Jaringan Tymnet dibuat.
Jaringan Tymnet dibuat.
Ø
1971
Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
Ø
1972
Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet"
Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet"
Ø 1972-1974
Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
Ø
1973
ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
Ø 1974
Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".
Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".
Ø
1974
Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
Ø
1977
Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
Ø
1978
Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol(TCP/IP).
Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol(TCP/IP).
Ø
1979
Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
Di tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
Di tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
Ø
Awal 1980-an
Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari
banyak hidup manusia.
Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang
terhubung. Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).
CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang
terhubung. Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).
CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
Ø 1982
Istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan
TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Name server
mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung
kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.
Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
Ø
1986
Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal
dengan DNS(Domain Name System)yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian
nama alamat di jaringan komputer.
B. Internet Saat Ini
Tahun 1989,
Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web
yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan
dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik
tampilannya dan sangat bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh
kalangan tertentu dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang
berada dirumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan
jaringan telepon. Selain itu, Internet banyak digunakan oleh perusahaan,
lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia
untuk memberikan informasi kepada masyarakat.
Di samping manfaat-manfaat di atas, internet juga memiliki efek negatif dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang ada di Internet. Sehingga memungkinkan anak-anak melihat berbagai hal yang tidak pantas untuk dilihat ataupun dibaca.
Di samping manfaat-manfaat di atas, internet juga memiliki efek negatif dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang ada di Internet. Sehingga memungkinkan anak-anak melihat berbagai hal yang tidak pantas untuk dilihat ataupun dibaca.
- Pengertian
Internet
Internet dapat
diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh
dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai
yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
C.Perkembangan Internet di Indonesia
RMS Ibrahim,
Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi
Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal
pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing
personal telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun
cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.
Tulisan-tulisan
tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa
artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul “Jaringan komputer biaya murah
menggunakan radio” di akhir tahun 1990 dan awal tahun 1991. Juga beberapa
artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB di tahun
1989.
Inspirasi tulisan-tulisan awal Internet Indonesia datangnya dari kegiatan di amatir radio khususnya di Amateur Radio Club (ARC) ITB di tahun 1986. Bermodal pesawat Transceiver HF SSB Kenwood TS430 milik Harya Sudirapratama (YC1HCE) dengan komputer Apple II milik Onno W. Purbo (YC1DAV) sekitar belasan anak muda ITB seperti Harya Sudirapratama (YC1HCE), J. Tjandra Pramudito (YB3NR), Suryono Adisoemarta (N5SNN) bersama Onno W. Purbo, berguru pada para senior radio amatir seperti Robby Soebiakto (YB1BG), Achmad Zaini (YB1HR), Yos (YB2SV), di band 40m. Robby Soebiakto merupakan pakar diantara para amatir radio di Indonesia khususnya untuk komunikasi data packet radio yang kemudian didorong ke arah TCP/IP, teknologi packet radio TCP/IP yang kemudian diadopsi oleh rekan-rekan BPPT, LAPAN, UI, dan ITB yang kemudian menjadi tumpuan PaguyubanNet di tahun 1992-1994. Robby Soebiakto menjadi koordinator IP pertama dari AMPR-net (Amatir Packet Radio Network) yang di Internet dikenal dengan domain AMPR.ORG dan IP 44.132. Sejak tahun 2000, AMPR-net Indonesia di koordinir oleh Onno W. Purbo (YC0MLC). Koordinasi dan aktivitasnya mengharuskan seseorang untuk menjadi anggota ORARI dan di koordinasi melalui mailing list ORARI, seperti, orari-news@yahoogroups.com.
Inspirasi tulisan-tulisan awal Internet Indonesia datangnya dari kegiatan di amatir radio khususnya di Amateur Radio Club (ARC) ITB di tahun 1986. Bermodal pesawat Transceiver HF SSB Kenwood TS430 milik Harya Sudirapratama (YC1HCE) dengan komputer Apple II milik Onno W. Purbo (YC1DAV) sekitar belasan anak muda ITB seperti Harya Sudirapratama (YC1HCE), J. Tjandra Pramudito (YB3NR), Suryono Adisoemarta (N5SNN) bersama Onno W. Purbo, berguru pada para senior radio amatir seperti Robby Soebiakto (YB1BG), Achmad Zaini (YB1HR), Yos (YB2SV), di band 40m. Robby Soebiakto merupakan pakar diantara para amatir radio di Indonesia khususnya untuk komunikasi data packet radio yang kemudian didorong ke arah TCP/IP, teknologi packet radio TCP/IP yang kemudian diadopsi oleh rekan-rekan BPPT, LAPAN, UI, dan ITB yang kemudian menjadi tumpuan PaguyubanNet di tahun 1992-1994. Robby Soebiakto menjadi koordinator IP pertama dari AMPR-net (Amatir Packet Radio Network) yang di Internet dikenal dengan domain AMPR.ORG dan IP 44.132. Sejak tahun 2000, AMPR-net Indonesia di koordinir oleh Onno W. Purbo (YC0MLC). Koordinasi dan aktivitasnya mengharuskan seseorang untuk menjadi anggota ORARI dan di koordinasi melalui mailing list ORARI, seperti, orari-news@yahoogroups.com.
Di tahun
1986-1987 yang merupakan awal perkembangan jaringan paket radio di Indonesia,
Robby Soebiakto merupakan pionir di kalangan pelaku radio amatir Indonesia yang
mengaitkan jaringan amatir Bulletin Board System (BBS) yang merupakan jaringan
e-mail store and forward yang mengkaitkan banyak “server” BBS amatir radio
seluruh dunia agar e-mail dapat berjalan dengan lancar. Di awal tahun 1990,
komunikasi antara Onno W. Purbo yang waktu itu berada di Kanada dengan
panggilan YC1DAV/VE3 dengan rekan-rekan radio amatir di Indonesia dilakukan
melalui jaringan amatir radio ini. Dengan peralatan PC/XT dan walkie talkie 2
meteran, komunikasi antara Indonesia-Kanada terus dilakukan dengan lancar
melalui jaringan radio amatir. Robby Soebiakto berhasil membangun gateway
amatir satelit di rumahnya di Cinere melalui satelit-satelit OSCAR milik radio
amatir kemudian melakukan komunikasi lebih lanjut yang lebih cepat antara
Indonesia-Kanada. Pengetahuan secara perlahan ditransfer dan berkembang melalui
jaringan radio amatir ini.
RMS Ibrahim (biasa dipanggil Ibam) merupakan motor dibalik operasional Internet di UI. RMS Ibrahim pernah menjadi operator yang menjalankan gateway ke Internet dari UI yang merupakan bagian dari jaringan universitas di Indonesia UNINET. Protokol UUCP yang lebih sederhana daripada TCP/IP digunakan terutama digunakan untuk mentransfer e-mail & newsgroup. RMS Ibrahim juga merupakan pemegang pertama Country Code Top Level Domain (ccTLD) yang dikemudian hari dikenal sebagai IDNIC.
RMS Ibrahim (biasa dipanggil Ibam) merupakan motor dibalik operasional Internet di UI. RMS Ibrahim pernah menjadi operator yang menjalankan gateway ke Internet dari UI yang merupakan bagian dari jaringan universitas di Indonesia UNINET. Protokol UUCP yang lebih sederhana daripada TCP/IP digunakan terutama digunakan untuk mentransfer e-mail & newsgroup. RMS Ibrahim juga merupakan pemegang pertama Country Code Top Level Domain (ccTLD) yang dikemudian hari dikenal sebagai IDNIC.
Muhammad Ihsan adalah staff peneliti di LAPAN Ranca Bungur
tidak jauh dari Bogor yang di awal tahun 1990-an di dukung oleh pimpinannya Ibu
Adrianti dalam kerjasama dengan DLR (NASA-nya Jerman) mencoba mengembangkan
jaringan komputer menggunakan teknologi packet radio pada band 70cm & 2m. Jaringan tersebut dikenal sebagai JASIPAKTA dengan
dukungan DLR Jerman. Protokol TCP/IP di operasikan di atas protokol AX.25 pada
infrastruktur packet radio. Muhammad Ihsan mengoperasikan relay penghubung
antara ITB di Bandung dengan gateway Internet yang ada di BPPT di tahun
1993-1998.
Firman Siregar
merupakan salah seorang motor di BPPT yang mengoperasikan gateway radio paket
bekerja pada band 70cm di tahun 1993-1998-an. PC 386 sederhana menjalankan
program NOS di atas sistem operasi DOS digunakan sebagai gateway packet radio
TCP/IP. IPTEKNET masih berada di tahapan sangat awal perkembangannya saluran
komunikasi ke internet masih menggunakan protokol X.25 melalui jaringan Sistem
Komunikasi Data Paket (SKDP) terkait pada gateway di DLR Jerman. Putu sebuah
nama yang melekat dengan perkembangan PUSDATA DEPRIN waktu masa kepemimpinan
Bapak Menteri Tungki Ariwibowo menjalankan BBS pusdata.dprin.go.id. Di masa
awal perkembangannya BBS Pak Putu sangat berjasa dalam membangun pengguna
e-mail khususnya di jakarta Pak Putu sangat beruntung mempunyai menteri Pak
Tungki yang “maniak” IT dan yang mengesankan dari Pak Tungki beliau akan
menjawab e-mail sendiri. Barangkali Pak Tungki adalah menteri pertama di
Indonesia yang menjawab e-mail sendiri.
Suryono Adisoemarta N5SNN di akhir 1992 kembali ke Indonesia, kesempatan tersebut tidak dilewatkan oleh anggota Amateur Radio Club (ARC) ITB seperti Basuki Suhardiman, Aulia K. Arief, Arman Hazairin di dukung oleh Adi Indrayanto untuk mencoba mengembangkan gateway radio paket di ITB. Berawal semangat & bermodalkan PC 286 bekas barangkali ITB merupakan lembaga yang paling miskin yang nekad untuk berkiprah di jaringan PaguyubanNet. Rekan lainnya seperti UI, BPPT, LAPAN, PUSDATA DEPRIN merupakan lembaga yang lebih dahulu terkait ke jaringan di tahun 1990-an mereka mempunyai fasilitas yang jauh lebih baik daripada ITB. Di ITB modem radio paket berupa Terminal Node Controller (TNC) merupakan peralatan pinjaman dari Muhammad Ihsan dari LAPAN.
Suryono Adisoemarta N5SNN di akhir 1992 kembali ke Indonesia, kesempatan tersebut tidak dilewatkan oleh anggota Amateur Radio Club (ARC) ITB seperti Basuki Suhardiman, Aulia K. Arief, Arman Hazairin di dukung oleh Adi Indrayanto untuk mencoba mengembangkan gateway radio paket di ITB. Berawal semangat & bermodalkan PC 286 bekas barangkali ITB merupakan lembaga yang paling miskin yang nekad untuk berkiprah di jaringan PaguyubanNet. Rekan lainnya seperti UI, BPPT, LAPAN, PUSDATA DEPRIN merupakan lembaga yang lebih dahulu terkait ke jaringan di tahun 1990-an mereka mempunyai fasilitas yang jauh lebih baik daripada ITB. Di ITB modem radio paket berupa Terminal Node Controller (TNC) merupakan peralatan pinjaman dari Muhammad Ihsan dari LAPAN.
Berawal dari
teknologi radio paket 1200bps, ITB kemudian berkembang di tahun 1995-an
memperoleh sambungan leased line 14.4Kbps ke RISTI Telkom sebagai bagian dari
IPTEKNET akses Internet tetap diberikan secara cuma-cuma kepada rekan-rekan
yang lain. September 1996 merupakan tahun peralihan bagi ITB, karena
keterkaitan ITB dengan jaringan penelitian Asia Internet Interconnection
Initiatives (AI3) sehingga memperoleh bandwidth 1.5Mbps ke Jepang yang terus
ditambah dengan sambungan ke TelkomNet & IIX sebesar 2Mbps. ITB akhirnya
menjadi salah satu bagian terpenting.
Ø Cara
mengakses ke internet
Bila di rumah
kita tidak mempunyai komputer yang terhubung dengan internet, kita bisa
memanfaatkan warnet (warung internet) atau mungkin di laboratorium komputer
sekolah yang sudah terhubung ke internet untuk mencari informasi. Untuk mencari
informasi atau data kamu bisa klik/tekan shortcut/gambar jika kamu menggunakan
browser Internet Explorer. Kemudian isi alamat situs yang dituju pada Address.
Untuk mencari informasi secara cepat, gunakanlah situs pencari seperti :
yahoo.com, google.com, e-smartschool.com atau yang lainnya. Setelah masuk ke
situs pencari tersebut, masukkan keyword (kata kunci) yang dicari
D. Website
1.Pengertian
Web Site atau Situs
Situs dapat
diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan
informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang
bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang
saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.
2. Unsur-Unsur Web Site atau Situs
Untuk membangun
situs diperlukan beberapa unsur yang harus ada agar situs dapat berjalan dengan
baik dan sesuai yang diharapkan. Unsur-unsur yang harus ada dalam situs antara
lain:
a. Domain Name.
Domain name atau biasa disebut nama
domain adalah alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk
mengidentifikasi sebuah situs atau dengan kata lain domain name adalah alamat
yang digunakan untuk menemukan situs kita pada dunia internet. Istilah yang
umum digunakan adalah URL. Contoh sebuah URL adalah http://www.yahoo.com--dapat
juga tanpa www— Ada banyak macam nama domain yang dapat kita pilih sesuai
dengan keinginan. Berikut beberapa nama domain yang sering digunakan dan
tersedia di internet:
1)
Generic Domains
Merupakan domain
name yang berakhiran dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain
ini sering juga disebut top level domain dan domain ini tidak berafiliasi
berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar.
(…).com : merupakan top level domain yang ditujukan untuk
kebutuhan "commercial".
(…).edu : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan
dunia pendidikan (education)
(…).gov : merupakan domain untuk pemerintahan (government)
(....).mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan
bersenjata (military)
(…).org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit
(Organization).
2)
Country-Specific Domains
Yaitu domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan
sering juga disebut second level domain, seperti .id(Indonesia),
.au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain. Domain ini dioperasikan dan di
daftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain ini berakhiran, .co.id,
.ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan
war.net.id, .mil.id, dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebut
berbeda tergantung pengguna dan pengunaannya, antara lain:
(…).co.id : Untuk Badan Usaha yang
mempunyai badan hukum sah
(…).ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
(…).go.id : Khusus untuk Lembaga
Pemerintahan Republik Indonesia
(…).mil.id : Khusus untuk Lembaga
Militer Republik Indonesia
(…).or.id : Untuk segala macam
organisasi yand tidak termasuk dalam kategori "ac.id","co.id","go.id","mil.id"
dan lain
(…).war.net.id : untuk industri warung
internet di Indonesia
(…).sch.id : khusus untuk Lembaga
Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
(…).web.id : Ditujukan bagi badan
usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di Worl Wide
Web.
Nama domain
dari tiap-tiap situs di seluruh dunia tidak ada yang sama sehingga tidak ada
satupun situs yang akan dijumpai tertukar nama atau tertukar halaman situsnya.
Untuk memperoleh nama dilakukan penyewaan domain, biasanya dalam jangka tertentu(tahunan).
b. Hosting
Hosting dapat
diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan
berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di
situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang
disewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat
dimasukkan dan ditampilkan dalam situs.
Hosting juga
diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan
ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte). Lama penyewaan hosting rata-rata
dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan
penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negri.
c. Scripts/Bahasa Program
Adalah bahasa
yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat
diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya
sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat
situs semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs
dapat terlihat dengan tanggapan pengunjung serta frekwensi kunjungan.
Beragam scripts
saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas situs. Jenis jenis scripts yang
banyak dipakai para designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts,
Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan
ASP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis,
dan interaktifnya situs.
Scripts ASP,
PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri, bisa juga dibeli dari para penjual
scripts yang biasanya berada di luar negri. Harga Scripts rata-rata sangat
mahal karena sulitnya membuat, biasanya mencapai puluhan juta. Scripts ini
biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku
tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan
update setiap saat.
d. Design Web
Setelah
melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur situs
yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan
kualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada penilaian
pengunjung akan bagus tidaknya sebuah web site.
Untuk membuat
situs biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa web designer. Saat ini
sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu diketahui
bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak
penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan
situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula
sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi
dari seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantung kualitas
designer.
e. Publikasi
Keberadaan
situs tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat
atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung dari
besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada
masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi. Publikasi situs
di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan
pamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa
dikatakan masih kurang efektif dan sangat terbatas. cara yang biasanya
dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah
publikasi langsung di internet melalui search engine-search engine (mesin pencari,
spt : Yahoo, Google, Search Indonesia, dsb).
Cara publikasi
di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang gratis
biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine
terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan
membayar, walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk ke
search engine dan dikenal oleh pengunjung.
3. Pemeliharaan
Web Site atau Situs
Untuk mendukung
kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai yang
diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau
lain sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan
atau monoton juga akan segera ditinggal pengunjung.
Pemeliharaan
situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap minggu atau
tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan
(tidak rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita,
penyedia artikel, organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan
periodik biasanya untuk situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain
sebagainya.
E. Dampak Positif dan Negatif Akibat Perkembangan Teknologi Internet
Internet adalah
jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh
dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan
yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel maupun gelombang
elektromagnetik). Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi
dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software
dan hardware yang dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak (
dalam hal ini provider ) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang
menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang
tergabung dalam internet. Pihak yang telah tergabung dalam jaringan ini akan
memiliki alamat tersendiri ( bagaikan nomor telepon ) yang dapat dihubungi
melalui jaringan internet. Provider inilah yang menjadi server bagi pihak-pihak
yang memiliki personal komputer ( PC ) untuk menjadi pelanggan ataupun untuk
mengakses internet. Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi
internet juga semakin maju. ‘Internet’ adalah jaringan komputer yang dapat
menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer
lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis
komputer itu sendiri. Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan
dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini
terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan
mungkin trilyunan, isinya memuat bermacam-macam topik. Tentu saja, situs-situs
itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi
dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan. Di bawah ini akan
dijelaskan dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet.
Dampak Positif:
a) Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi
internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat
berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
b) Media pertukaran data, dengan menggunakan email,
newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para
pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat
dan murah.
c) Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan
internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang
penting dan akurat.
d) Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet
sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
e) Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang
pendidi
kan, kebudayaan, dan lain-lain
kan, kebudayaan, dan lain-lain
f) Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang
perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Dampak Negatif :
a) Pornografi Anggapan yang mengatakan bahwa internet
identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian
informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk
mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka
dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet
terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan
kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
b) Violence and Gore Kekejaman dan kesadisan juga banyak
ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas,
maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’
situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
c) Penipuan Hal ini memang merajalela di bidang manapun.
Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak
mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia
informasi tersebut.
d) Carding Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara
belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan
dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan
kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu
mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan
mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data
yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
e) Perjudian Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian.
Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus
untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini,
karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan
dari pengunjungnya.
f) Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih
suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to
face).
g) Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan
perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
h) Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di
internet (kejahatan juga ikut berkembang).
i)
Bisa membuat
seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan
uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung
pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun
semestinya harus ada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang
teguh walaupun bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya.
PENUTUP
Demikian yang dapat saya paparkan
mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih
banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan
kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Penulis banyak berharap para pembaca
yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis
demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan -
kesempatan berikutnya.
Semoga makalah ini berguna bagi
penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Khi bạn sở hữu một mái tóc ngắn, bạn nên chọn cho mình một chiếc váy dài, đây là một sử kết hợp rất hoàn hảo và thú vị Con gái tóc ngắn mặc váy gì. Xôi được làm chủ yếu từ gạo nếp, kết hợp với nhiều loại thực phẩm khác như các loại đậu, bắp, dừa, vừng, …Bà bầu ăn nhiều xôi có tốt không. Thông thường, đối với một người chưa có nhiều kinh nghiệp khi lựa chọn se máy cũ, thường chỉ quan tâm đến giá, loại xe, căn cứ vào số công-to-mét đi được, biển số, giấy đăng kí,... Có nên mua xe máy cũ không.
ReplyDeleteTheo các chuyên gia phong thủy cho rằng, việc mối đột nhiên xuất hiện và làm tổ trong nhà báo hiệu một sự thay đổi nhất định về môi trường sống ở nhà bạn . Mối làm tổ trong nhà tốt hay xấu. Đối với người già hoặc trẻ em, khi sức đề kháng kém, bị bọ cạp cắn cần được đưa đến các trung tâm y tế để được chữa trị kịp thời Bị bò cạp cắn có sao không. Việc thắp hương cho bát hương thần tài cần thắp bằng cái tâm, khi thắp hương cần có tâm hồn thanh thản, … Bát nhang thần tài bốc cháy báo điềm gì